Senin, 28 September 2009

Makanan Khas Tegal Laka-laka....

Kalau lewat jalur pantura...jangan lupa mampir Kota Tegal yach....
wisata kuliner di kota ini g kalah asyik lho dengan tempat-tempat yang lain...

Makanan khas Kota Tegal dikenal dengan Tahu aci dan pilus.


Ada lagi sajian rakyat lain di Tegal yang sangat populer, yaitu Kupat Glabed. Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental (ketupat dari beras yang diberi kuah kental dan dimakan bersma sate kerang) Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed! etupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang atau sate blengong.

Anda dapat mencarinya di alun-alun tegal, kawasan perumahan di dekat Sawah Pari, atau di Jl. Hang Tuah Barat. disitu berjejer penjual kupat...tinggal pilih





Makanan khas lain yaitu Soto Tegal (memakai tauge dan tauco dengan campuran daging ayam, sapi atau jeroan babat



Minuman yang terkenal yaitu teh poci khas Tegal (teh yang diseduh air panas di dalam wadah poci terbuat dari tanah liat dan untuk pemanisnya diberi gula batu.



Sate Kambing Tegal juga cukup banyak disukai oleh masyarakat hingga diluar Tegal. Sate Kambing Tegal terbuat dari daging kambing muda biasanya berumur di bawah lima bulan (balibul)yang sangat empuk dan beraroma khas karena tidak terlalu banyak olesan bumbu pada saat membakarnya. Disajikan dengan kecap manis, irisan bawang merah, tonmat dan cabe rawit. Sangat lazim dihidangkan bersama teh poci gula batu.

Yang membedakan sate Tegal dengan sate daerah lainnya yaitu potongan daging yang relatif lebih besar dibandingkan dengan sate dari daerah lain. Dagingnya dipilih dari daging kambing dan domba yang masih muda, sehingga menghasilkan sate yang sangat empuk.



Beberapa penganan kecil yang saat ini sudah agak langka adalah Glothak (semacam bubur terbuat dari gembus/dage dengan kuah kaldu dan cabai hijau). Makanan semacam ini biasanya banyak dijual saat bulan ramadhan. Ada juga kupat bongko,
rujak kangkung, bubur blohok dan rujak uleg.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Ford Cars. Powered by Blogger